Makalah Administrasi Pendidikan
BAB I
PENDAHULUAN
I.
Latar
Belakang
Pengembangan
diri merupakan kegiatan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang
administrasi. Ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dilaksanakan bertujuan
jangka panjang yaitu agar tenaga administrasi maupun mengembangkan ilmu yang
telah dipelajari dan dipraktekkan di sekolah. Administrasi sangat
diperlukan bagi kelangsungan proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan.
Semua itu tidak lepas dari keaktifan orang-orang yang menguasai administrasi
dalam sekolah. Orang sering menganggap enteng administrasi tersebut, padahal
kalau administrasi dipegang sama orang-orang yang kurang terampil maka
administrasi tersebut akan berantakan. Orang yang memegang administraasi adalah
orang yang sudah terlatih dalam bidangnya (orang yang sudah mendapat ilmu/
pelatihan). Administrasi tidak hanya dalam hal keuangan saja tetapi juga dalam
kerapian/ keteraturan kita dalam pembukuan. Administrasi tidak hanya dilakukan
dalam waktu tertentu saja tetapi setiap hari secara kontinyu. Administrasi
adalah upaya menjadikan kegiatan kerja sama antara guru dan karyawan agar
proses belajar mengajar lebih efektif.
Terbatasnya pengetahuan dari personal tata usaha sekolah akan administrasi sarana dan prasarana pendidikan, serta kurangnya minat dari mereka untuk mengetahui dan memahaminya dengan sungguh sungguh, maka dari itu kami menyusun makalah ini.
I.I. Rumusan
Masalah
1. Apa pengertian
administrasi pendidikan ?
2. Apa fungsi
administrasi pendidikan ?
3. Apa tujuan
administrasi pendidikan ?
4. Apa saja ruang
lingkup administrasi pendidikan ?
5. Apa saja
prinsip-prinsip dari administrasi pendidikan ?
I.III. Tujuan
1. Mengetahui pengertian administrasi
pendidikan
2. Mengetahui fungsi administrasi
pendidikan
3. medngetahui tujuan administrasi
pendidikan
4. Mengetahui ruang lingkup
administrasi pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN, TUJUAN,DAN RUANG LINGKUP SERTA FUNGSI-FUNGSI POKOK ADMINISTRASI
PENDIDIKAN
II.I Pengertian Administrasi Pendidikan
Administrasi berasal
dari kata Latin “ad” dan “ministro”. Ad mempunyai arti “kepada” dan “ministro”
berarti “melayani”.Secara bebas dapat di artikan bahwa administrasi itu
merupakan pelayanan atau pengabdian terhadap subjek tertentu.
Secara garis besarnya pengertian itu
antara lain adalah sebagai berikut :
-
mempunyai pengertian sama dengan manajemen.
-
Menyuruh orang agar bekerja secara produktif
-
Memanfaatkan manusia,material,uang,metode secara
terpadu
-
Mencapai suatu tujuan
melalui orang lain
-
Fungsi eksekutif pemerintah
Admistrasi Adalah aktivitas-aktivitas untuk mencapai suatu tujuan.atau
proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai suatu tujuan,yang telah di
tetapkan.Berdasarkan uraian di atas dapat dikemukakan bahwa pada dasarnya yang
menjadi perhatian administrasi adalah tujuan.manusia,sumber dan juga waktu.
Berdasarkan asas legal pengertian
pendidikan ini dapat dilihat dari ketetapan mejelis permusyawaratan rakyat
republik Indonesia
nomor II/MPR/1988 tentang Garis-garis Besar Haluan Negara, pendidikan di
bataskan sebagai proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Dalam
pendidikan terdapat dua jenis proses,yaitu proses pendidikan dan non
pendidikan.
Dipandang secara sosialogis pendidikan adalah proses sengaja untuk
meneruskan atau mentransmisi budaya orang dewasa kepada generasi yang lebih
muda.Dari beberapa batasan di atas dapat disimpulkan bahwa Administrasi
pendidikan adalah tindakan mengkoordinasikan perilaku manusia dalam pendidikan,agar
sumber daya yang ada dapat di tata sebaik mungkin,sehingga tujuan pendidikan
dapat tercapai secara produktip.
II.II Tujuan
Kalau kita perhatikan rumusan administrasi pendidikan di atas,sesungguhnya
dapat di bayangkan mengenai apa yang menjadi tujuan administrasi itu.tujuannya
tidak lain adalah agar semua kegiatan itu mendukung tercapainya tujuan
pendidikan atau dengan kata lain administrasi di gunakan di dalam dunia
pendidikan adalah agar tujuan pendidikan tercapai.
Sesuai dengan yang di gariskan dalam
GBHN tujuan pendidikan nasional adalah :
“Meningkatkan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa,kecerdasan
ketrampilan,mempertinggi budi pekerti,memperkuat kepribadian,dan mempertebal
semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunanyang
dapat membangun dirinya sendiri yang serta bersama-sama bertanggung jawab atas
pembangunan bangsa”.
Secara singkat,Administrasi
pendidikan di sekolah bertujuan menciptakan situasi yang memungkinkan anak
mempunyai pengetahuan dasar yang kuat untuk melanjutkan pelajaran,mempunyai
suatu kecakapan dan ketrampilan khusus untuk dapat hidup sendiri dan dalam
masyarakat,serta mempunyai sikap hidupsebagai manusia pancasila dengan
pengabdian untuk pembangunan masyarakat pancasila Indonesia.
III. Ruang Lingkup
Bidang-bidang yang tercakup dalam
administrasi pendidikan adalah sangat banyak dan luas,tetapi yang sangat
penting dan perlu diketahui oleh para kepala sekolah dan guru-guru pada umumnya
adalah sebagai berikut :
a. Bidang tata usaha sekolah,ini meliputi :
1)
Organisasi dan stuktur pegawai tata usaha
2)
Anggaran belanja keuangan sekolah.
3)
Masalah kepegawaian dan personalia sekolah.
4)
Keuangan dan pembukuannya.
5)
Korespondensi/surat menyurat.
6)
Masalah
pengangkatan,pemindahan,penempatan,laporan,pengisian buku induk,raport dan
sebagainya.
b. Bidang personalia murid yang meliputi
antara lain:
1)
Organisasi murid
2)
Masalah kesehatan murid
3)
Masalah kesejahteraan murid
4)
Evaluasi kemajuan murid
5)
Bimbingan dan penyuluhan bagi murid
c. Bidang personalia guru,meliputi antara
lain:
1)
Pengangkatan dan penempatan tenaga guru
2)
Organisasi personel guru
3)
Masalah kepegawaian
4)
Masalah kondite dan evaluasi kemajuan guru
5)
Refresing dan up-grading guru-guru.
d. Bidang pengawasan (superpisi),yang
meliputi antara lain:
1)
Usaha membangkitkan semangat guru-guru dan pegawai tata
usaha dalam menjalankan tugasnya masing-masing sebaik-baiknya
2)
Mengusahakan dan mengembangkan kerjasama yang baik
antara guru,murid dan pegwai tata usahasekolah.
3)
Mengusahakan dam membuat pedoman cara-cara menilai
hasil-hasil pendidikan dan pengajaran.
4)
Usaha mepertinggi mutu dan pengalaman guru-guru pada
umumnya.
e. Bidang pelaksanaan dan pembinaan kurikulum
1)
Berpedoman dan mengetrapkan apa yang tercantum dalam
kurikulum sekolah yang bersangkutan,dalam usaha mencapai dasar-dasar dan tujuan
pendidikan dan pengajaran.
2) Melaksanakan
organisasi kurikulum serta metode metodenya disesuaikan
IV. Fungsi-Fungsi Pokok
Administrasi Pendidikan
Adapun proses administrasipendidikan itu meliputi
fungsi-fungsi perencanaan organisasi ,kordinasi,komunikasi
supervisikepengawasan pembiayaan,dan evaluasi.
Fungsi –fungsi tersebut adalah:
a. Penerangan (planning)
Setiap program ataupun konsepsi memerlukan perencanaan terlebih dahulu
sebelum dilaksanakan.
Langkah-langkah dalam perencanaan meliputi hal-hal sebagai berikut:
1)
Menentukan dan merumuskan tujuan yang hendak di capai.
2)
Meneliti masalah-masalah atau pekerjaan yang akan
dilakukan.
3)
Mengumpulkan data dan informasi-informasi yang di
perlukan
4)
Menentukan tahap-tahap atau rangkaian tindakan
5)
Merumuskan bagaimana masalah-masalah itu akan di
pecahkan dan bagaimana pekerjaan itu akan di selesaikan
b. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian sebagai fungsi administrasi pendidikan
menjadi tugas utama bagi para pemimpin pendidikan termasuk kepala sekolah.Dengan
demikian organisasi sebagai salah satu
administrasi pendidikan dapat di simpulkan sebagai berikut:
Organisasi ialah aktivitas-aktivitas menyusun dan
membentuk hubungan-hubungan sehingga terwujudlah kesatuan usaha dalam mencapai
maksud-maksud dan tujuan-tujuan pendidikan.
c. Pengoordinasian (coordinating)
Adanya bermacam-macam tugas /pekerjaan yang dilakukan
oleh banyak orang,memerlukan adanya koordinasi dari seseorang pemimpin.Jika
kita simpulkan maka Kordinasi adalah aktivitas membawa
orang-orang,mterial,pikiran-pikiran,tekni dan tujuan ke dalam hubungan yang
harmonis dan produktif dalam mencapai suatu tujuan.
d. Komunikasi
Menurut sifatnya komunikasi di bagi menjadi dua yaitu
komunikasi bebas dan komunikasi terbatas.komunikasi bebas,setiap anggota dapat
berkomunikasi dengan setiap anggota yang lain.sedangkan komunikasi terbatas
setiap anggota hanya dapat berkomunikasi dengan dengan beberapa anggota
tertentu saja.
Jika kita simpulkan
komunikasi dalam setiap bentuknya adalah suatu proses yang hendak
mempengaruhi sikap dan perbuatan orang-orang dalam stuktur organisasi.
e. Supervisi
Fungsi supervise yang terpenting adalah:
1)
Menetukan kondisi-kondisi/syarat-syarat apakah yang di
perlukan
2)
Memenuhi/mengusahakan syarat yang di perlukan itu.
Jadi supervisi sebagai fungsi administrasi pendidikan berarti
aktivitas-aktivitas untuk menentukan kondisi kondisi/syarat-syarat yang
esensial yang akan menjamin tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.
f. Kepegawaian (staffing)
Sebenarnya fungsi kepegawaian ini sudah dijalankan sejak penyusunan
perencanaan pengoorganisasian.dipikirkan dan di usahakan agar untuk pesona-pesona
yang mendudukijabatan jabatan tertentudi pilih dan diangkat orang-orang yang
memiliki kecakapan dan kesanggupan sesuai dengan jabatan yang di pegangnya.
g. Pembiayaan (budgeting)
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam fungsi pembiayaan itu ialah:
1)
Perencanaan tentang berapa biaya yang di perlukan
2)
Dari mana dan bagaimana biaya itu dapat di
peroleh/diusahakan
3)
Bagaimana penggunaanya
4)
Siapa yang melaksanakanyya
5)
Bagaimana pembukuan dan pertanggungjawabannya.
6)
Bagaimana pengawasannya
h. Penilaian(evaluating)
Evaluasi sebagai fungsi administrasi pendidikan adalah aktivita untuk
meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan dalam proses
keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai rencana atau program yang telah
ditetapkan dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan setiap kegiatan baik yang
dilakukan oleh unur pimpinan maupun oleh bawahan memerlukan adanya evaluasi
BABIII
PENUTUP
III.I.Kesimpulan
Administrasi pendidikan
adalah suatu kegiatan kerja sama atau proses pengintegrasian segala sesuatu
baik personal maupun material yang tergabung dalam orgaisasi pendidikan untuk
mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya agar efektif dan
efisien.
Administrasi pendidikan
juga memiliki sebuah fungsi, diantara fungsi administrasi pendidikan adalah:
1.
perencanaan (planning)
“perencanaan(planning)
adalah aktivitas memikirkan dan memilih rangkaian tindakan-tindakan yang
tertuju pada tercapainya maksu-maksud dan tujuan pedndidikan”.
2.
pengorganisasian (organizing)
“pengorganisasian adalah
aktivitas-aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan sehingga
terwujudlah kesatuan usaha dealam mencapai maksud-maksud dan tujuan-tujuan
pendidikan”.
3.
pengkoordinasian (coordination)
koordinasi adalah
aktivitas membawa orang-orang, material, pikiran-pkiran, teknikk-teknik dan
tujuan-tujuan kedalam hubungan yang harmonis dan produktif dalam mencapai suatu
tujuan”
4.
komunikasi
komunikasi dalam setiap
bentuknya adalah suatu proses yang hendak mempengaruhi sikap dan perbuatan
orang-orang dalam struktur organisasi”.
5. supervisi
“supervise sebagai
fungsi administrasi pendidikan berarti aktivitas-aktivitas untuk menentukan
komdisi-kondisi/syarat-syarat yang esensial yang akan menjamin tercapainya
tujuan-tujuan pendidikan”.
6. kepegawaian
(staffing)
dalam kepegawaian yang
menjadi titik penekanan ialah personal itu sendiri. Aktivitas yang dilakukan di
dalam kepegawaian antara lain : menentukan, memilih, menempatkan dan membimbing
personel.
7.
pembiayaan (budgeting)
Biaya/pambiayaan
merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah organisasi karena
biaya ini sangat menentukan bagi kelancaran jalannya sebuah organisasi, tanpa
biaya yang mencukupi tidak mungklin terjamin kelancaran jalannya suatu
organisasi.
8.
penilaian (evaluating)
Evaluasi sebagai fungsi
administrasi pendidikan adalah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai
di mana pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan organisasi
mencapai hasil sesuai denhan rencana atau program yang telah di tetapkan dalam
rangka pencapaian tujuan pendidikan.
Adapun tujuan dari administrasi pendidikan
adalah:
- efektifitas produksi
- efesiensi
- kemampuan menyesuaikan diri (adaptivenes)
- kepuasan kerja
administrasi pendidikan
juga memiliki sebuah ruang lingkup (bidang garapan) didalam pengelolaannya.
Diantara administrasi pendidikan adalah:
- administrasi tata laksana sekolah
- administrasi personel guru dan pegawai sekolah
- administrasi peserta didik
- supervisi pengajaran
- pelaksanaan dan pembinaan kurikulum
- pendirian dan perencanaan bangunan sekolah
- hubungan sekolah dan masyarakat
didalam administrasi
pendidikan terdapat pulasebuah prinsip-prinsip yang dapat menunjang kegiatan
administrasi dan mencapai tujuan administrasi pendidikan karena prinsip ini
merupakan sesuatu yang dijadikan sebagai pengayaan untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan. Diantara prinsip-prinsip administrasi pendidikan adalah:
1. Adanya kerja sama sekelompok orang
2. Adanya penataan dan
pengaturan dari kerja sana tsb
3. Adanya SDM (sumber daya
manusia/personal) yang harus ditata
4. Adanya peralatan dan
perlengkapan (non manusia ) yang harus ditata
5. Adanya tujuan yang
hendak dicapai bersama dari kerjasama tersebut
III. Saran
Administrasi
pendidikan sangat diperlukan dalam kegiatan pendidikan guna untuk mengkoordinir
kegiatan-kegiatan yang di lakukan dan tidak hanya itu dapat juga menginventaris
kelengkapan media-media atau sarana belajar. Apabila suatu sekolah tidak
menggunakan administrasi pendidikan maka sekolah itu tidak akan berhasil dan
cenderung kacau.
DAFTAR PUSTAKA
Burhanuddin,Yusak.2005.Administrasi pendidikan.Bandung:Pustaka
setia
Purwanto,Ngalim.2007.Administrasi
pendidikan dan supervisi pendidikan.Bandung:PT Remaja Rosda Karyta
Soetjipto dan Kosasi,Raflis.2004.Profesi keguruan.Jakarta:PT
Rineka Cipta
Tsauri,Sofyan.2007.Administrasi
dan supervisi pendidikan.Jember:Center for society studies
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA
PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Rumusan Masalah
- Tujuan
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN,DASAR-DASAR,TUJUAN,DAN
RUANG LINGKUP SERTA
FUNGSI-FUNGSI
POKOK ADMINISTRASI PENDIDIKAN
- Pengertian Administrasi Pendidikan
- Dasar dan Tujuan
1.
Tujuan
2.
Ruang Lingkup
a)
Bidang tata usaha sekolah,ini meliputi
b)
Bidang personalia murid yang meliputi antara lain
c)
Bidang personalia guru,meliputi antara lain
d)
Bidang pengawasan (superpisi),yang meliputi antara
lain
e)
Bidang pelaksanaan dan pembinaan kurikulum
3.
fungsi-fungsi pokok administrasi pendidikan
a)
Penerangan (planning)
b)
Pengorganisasian (organizing)
c)
Pengoordinasian (coordinating)
d)
Komunikasi
e)
Supervisi
f)
Kepegawaian (staffing)
g)
Pembiayaan (budgeting)
h)
Penilaian(evaluating)
BAB III
PENUTUP
III.I Kesimpulan
III.II Saran
DAFTAR
PUSTAKA
KATA PENGANTAR
Kami panjatkan puji dan syukur
kehadirat Allah SWT. Karena berkat inayah-Nyalah maka Makalah Administrasi pendidikan
yang berjudul pengertian, fungsi, tujuan dan ruang lingkup administrasi
pendidikan ini dapat diselesaikan. Maka
ini kami buat untuk memecahkan masalah tentang wawasan nusantara id kalangan
mahasiswa.
Kami menyadari buku ini jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari para
rekan rekan-rekan mahasiswa dan dosen pembimbing, demi proses kesempurnaan.
Kami mengucapkan terima kasih kepada
rekan-rekan anggota kelompok 5 yang senantiasa bekerjasama dalam menyusun makalah
ini, dan dosen pembimbing yang senantiasa selalu membimbing kami dalam proses
penyusunan makalah ini.
Terlepas dari kekurangan-kekurangan
makalah ini, kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca dan
menjadikan amal shaleh bagi kami. Amien, Ya Robbal Alamin.
Penulis
Komentar
Posting Komentar